Iklan Billboard (Ads)

Gethuk Pisang Khas Kediri - Cita Rasa Kuliner Tradisional

Author
Published Maret 08, 2024
Gethuk Pisang Khas Kediri - Cita Rasa Kuliner Tradisional

Jika Anda singgah di Kota Kediri, Jawa Timur, terasa kurang lengkap bila tidak meyakinkan dan membawa pulang oleh-oleh khas yang menjadi cita rasa kota ini. Yaitu Gethuk Pisang.

Makanan ini sangat familiar bagi masyarakat di sejumlah daerah karena sudah menjadi ikon kuliner Kota Kediri. Kendati hingga sekarang asal-usul maupun pionir pembuat Gethuk Pisang belum diketahui secara pasti, namun tradisi pembuatan Gethuk Pisang diyakini sudah berlangsung turun-temurun dan diwariskan sepanjang generasi.


Gethuk Pisang asli Kota Kediri memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Tidak seperti lazimnya gethuk, semisal gethuk Magelang yang dikemas dengan plastik atau kertas karton. Gethuk Pisang Kota Kediri kemasannya menggunakan daun pisang, layaknya lemper atau lontong. Daun pisang dipilih sebagai pembungkus karena dipercaya mampu menjaga aroma serta cita rasanya agar lebih tahan lama.


Sesuai dengan namanya, Gethuk Pisang bahan pokoknya dari buah pisang. Dibentuk bulat lonjong dengan panjang antara 15 sampai 20 cm dan diameter antara 5 sampai 8 cm. Warnanya merah kecoklatan, kenyal tidak terlalu lembek dan juga tidak terlalu keras.


Cara membuatnyapun terbilang cukup sederhana. Biasanya dipilih pisang raja nangka yang masih setengah matang. Keistimewaan pisang raja nangka (dalam mitologi dikenal sebagai pisang sajian khusus untuk raja-raja) adalah aromanya yang khas, yakni perpaduan antara rasa asam dan manis alami.


Setelah dihaluskan, pisang dikukus selama 5 sampai 6 jam hingga warnanya berubah menjadi merah kecoklatan. Kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk hingga menjadi adonan. Dalam proses adonan untuk ukuran satu panci diberi empat sendok gula pasir yang sudah dihaluskan. Ini dimaksudkan untuk menambah rasa manis Gethuk Pisang. Kemudian untuk mengaluskan adonan tersebut digunakan mesin pengaduk khusus seperti mixer ukuran jumbo. Biasanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit.


Langkah selanjutnya pengambilan diambil kira-kira satu genggaman tangan orang dewasa dan ditaruh di atas daun pisang yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu dibungkus dengan cara digulung secara vertikal dan kemudian dipasang batang lidi pada kedua ujungnya sebagai penahan agar tidak lepas. Jadilah Gethuk Pisang yang dijamin mampu membuat lidah Anda ketagihan.


Itulah resep pembuatan Gethuk Pisang asli Kota Kediri yang membedakannya dengan jenis Gethuk yang lain. Karena alami tanpa tambahan zat apapun termasuk bahan pengawet, Gethuk Pisang Kota Kediri hanya bisa bertahan maksimal dua hari pada suhu 30 – 35 0C. Tetapi bisa bertahan empat sampai lima hari jika disimpan di lemari pendingin.


Bagi masyarakat Kota Kediri, membuat atau memproduksi Gethuk Pisang biasanya dijadikan sebagai usaha industri rumahan (home industri). Untuk mendapatkan Gethuk Pisang di Kota Kediri anda tidak akan kesulitan karena dapat ditemukan di berbagai sudut Kota Kediri. Mulai dari pedagang asongan, kios-kios mungil di pinggir jalan, hingga pertokoan pusat oleh-oleh.


Saran : Datanglah ke Kota Kediri, nikmati kelezatan Gethuk Pisang.

Posting Komentar

Copyright ©