Iklan Billboard (Ads)

4 Fakta Unik Penyebab Kelelahan

Author
Published Juni 20, 2024
4 Fakta Unik Penyebab Kelelahan

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi seputar "lelah" atau "kelelahan", berikut ini ada sebuah informasi yang kami dapatkan dari salah satu di internet yang membahas tentang fakta seputar penyebab kelelahan.



Kelelahan tidak hanya disebabkan kurang istirahat.

Kelelahan dan kekurangan energi tidak hanya disebabkan karena kesalahan pola makan atau pola hidup. Bisa saja Anda sudah menerapkan makanan sehat untuk konsumsi sehari-hari, atau juga sudah tidur dengan waktu yang cukup. Menurut Dr. Oz, seperti dilansir Oprah.com, ada empat alasan lain, mengapa kelelahan sering sekali menghampiri Anda.


1. Bakteri buruk di pencernaan

Di dalam perut kita, tumbuh bakteri jahat H. Pylori yang merupakan salah satu penyebab utama munculnya rasa lelah. Bakteri ini menyerang lambung dengan menghancurkan lapisan lendir pelindung, sehingga Anda rentan terhadap luka pada lapisan lambung.



Saat Anda tidur, asam lambung juga dapat mengantarkan bakteri hingga ke kerongkongan, menyebabkan sakit tenggorokan dan merusak kemampuan Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Bakteri ini juga menyebabkan anemia sehingga Anda memilki sedikit energi untuk aktivitas sehari-hari.

Untungnya, infeksi H. Pylori dapat diatasi dengan antibiotik dan obat penurun asam lambung. Untuk menghilangkan lendir pada tenggorokkan, cukup berkumur dengan obat kumur atau air garam. Ini membantu suplai oksigen untuk pernafasan menjadi lebih lancar, sehingga dengan sendirinya meningkatkan energi Anda.


2. Kopi di pagi hari



Banyak dari kita beralih ke kopi di pagi hari untuk melenyapkan rasa kantuk. Tapi ternyata, kebiasaan ini justru bisa menjadi penyebab rasa lelah yang muncul. Ketika Anda bangun, Anda cenderung mengalami dehidrasi karena tidak minum air selama berjam-jam saat terlelap. Jika Anda mengonsumsi kopi, dehidrasi yang Anda rasakan bisa berkali lipat dan menguras energi Anda.


3. Pakaian telalu nyaman



Merasa terlalu nyaman sebenarnya dapat memicu kelelahan. Pakaian yang longgar dan elastis membuat Anda lebih mudah untuk bergerak sehingga sendi dan otot bekerja ekstra keras untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh sehingga Anda merasa lebih lelah.


4. Warna pakaian yang salah



Warna pakaian juga menentukan kelelahan Anda. Warna gelap seperti hitam, biru tua dan coklat merangsang sekresi melatonin, senyawa kimia yang membuat Anda mengantuk. Studi menunjukkan bahwa ada banyak warna untuk membuat Anda bersemangat. Baju putih meningkatkan serotonin, hormon bahagia yang membuat Anda bersemangat. Warna merah adalah warna yang paling agresif untuk meningkatkan energi. Warna merah juga telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang kelenjar adrenal. Sedangkan, warna kuning telah terbukti dapat merangsang otak, membangun kepercayaan diri, dan mendorong optimisme.


Itulah sekelumit informasi yang membahas tentang fakta-fakta seputar penyebab kelelahan tersebut.

Posting Komentar

Copyright ©