Iklan Billboard (Ads)

Resep Ayam Suwir Kemangi khas Kediri yang Rasanya Maknyos

Author
Published April 10, 2024
 Resep Ayam Suwir Kemangi khas Kediri yang Rasanya Maknyos

Ayam suwir selalu menjadi salah satu menu andalan khas Kediri untuk dihidangkan saat makan siang atau makan malam. Selain mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, ayam suwir juga bisa dikreasikan menjadi berbagai macam resep. Salah satunya adalah resep ayam suwir kemangi yang satu ini.



Resep ayam suwir kemangi kediri pun sangat mudah untuk dicontoh, bahkan bagi Anda yang baru belajar masak sekalipun. Nah, jika Anda memiliki ide untuk menghidangkan menu makanan satu ini. berikut ada beberapa resep dari ayam suwir kemangi yang bisa Anda tiru.


Ayam Suwir Kemangi Khas Kediri

Ayam Suwir Kemangi dan Cara Membuatnya

Resep dan cara pembuatan yang sederhana membuat menu makanan satu ini banyak dijadikan sebagai pilihan. Buat Anda yang belum pernah mencobanya, yuk simak penjelasan cara membuat ayam suwir kemangi di bawah ini.


Bahan-bahan yang harus disiapkan:


● ½ kilogram daging ayam (Bagian dadanya)

● 15 buah cabai rawit (sesuai selera)

● 7 buah cabai merah

● 5 lembar daun kemangi (sesuai selera)

● 4 siung bawang merah

● 3 siung bawang putih

● 2 lembar daun salam

● 2 sisir gula merah

● 1 sendok makan ketumbar

● 1 ruas jari lengkuas

● 1 ruas jari jahe

● 1 batang serai

● ¼ sendok makan merica

● Air kaldu ayam

● Air secukupnya (untuk merebus ayam)

● Minyak sayur secukupnya.


Cara membuat Ayam Suwir Kemangi:

  1. Siapkan daging ayam lalu bersihkan dengan menggunakan air mengalir. Setelah itu, rebus daging ayam sampai matang. Jika sudah matang, segera angkat lalu tiriskan dan dinginkan. Air rebusan ayam jangan dibuang karena nanti akan digunakan sebagai kaldu ayam.
  2. Setelah itu, haluskan beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe serta sereh yang digeprek terlebih dahulu.
  3. Apabila sudah menghaluskan bumbu, suwir daging ayam dengan ukuran yang lebih kecil (sesuka hati).
  4. Panaskan minyak dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan serai yang sudah digeprek, lengkuas dan daun salam, tumis hingga harum dengan menggunakan api kecil. Selanjutnya, tambahkan ¼ kaldu ayam (air sisa rebusan daging ayam) ke dalamnya dan jangan lupa untuk menambahkan gula merah.
  5. Langkah berikutnya, masukkan ayam yang sudah disuwir ke dalam tumisan kemudian campur rata. Tambahkan 5 daun kemangi (sesuai selera) lalu aduk semua bahan hingga rata.
  6. Masak hingga bumbu meresap. Jika Anda suka masakan dengan tekstur kering, maka Anda bisa menunggu airnya benar-benar menyusut. Jangan lupa untuk dibolak-balik agar suwiran daging ayam tidak gosong.
  7. Ayam suwir kemangi pun siap untuk dihidangkan.



Ayam Suwir Kemangi Asam Pedas

Ayam Suwir Kemangi Asam Pedas dan Cara Membuatnya

Bagi Anda pecinta kuliner pedas dan asam, menu makanan ini wajib untuk dicoba. Resep ayam suwir yang satu ini akan dikombinasikan dengan cita rasa asam pedas. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:


● 500 gram daging ayam (bagian dadanya)

● 5 sendok makan air asam jawa

● 1 ½ sendok makan gula

● 1 sendok teh garam

● ½ sendok teh lada bubuk

● Kemangi sesuai selera.


Bahan-bahan untuk bumbu halus:

● 11 buah cabai merah keriting

● 8 siung bawang merah

● 4 siung bawang putih

● 1 ruas kunyit

● 1 buah kemiri sangrai.


Bahan untuk bumbu tumis:

● 2 batang sereh

● 2 lembar daun jeruk

● 2 lembar daun salam

● 1 ruas jahe

● 1 ruas lengkuas.


Cara membuat Ayam Suwir Kemangi Asam Pedas:

  1. Bersihkan daging ayam terlebih dahulu, kemudian rebus hingga matang (Anda bisa merebusnya dengan menggunakan bumbu ungkep). Setelah itu, angkat dan tiriskan, diamkan hingga dingin. Apabila sudah dingin, suwir daging ayam lalu sisihkan.
  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus yang sudah disiapkan sampai harum. Setelah itu, masukkan bumbu tumis ke dalamnya. Tambahkan air asam jawa sesuai selera.
  3. Berikutnya, masukkan daging ayam yang sudah disuwir. Campur semua bahan hingga rata. Masak sampai airnya menyusut dan bumbu meresap ke dalam suwiran daging.
  4. Tambahkan garam, gula, kaldu jamur/kaldu ayam sesuai dengan selera.
  5. Masukkan beberapa lembar kemangi ke dalamnya. Aduk sebentar kemudian matikan mati.
  6. Ayam suwir kemangi asam pedas siap untuk dinikmati.


Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi

Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi dan Cara Membuatnya

Selain bisa dihidangkan dengan menggunakan nasi hangat biasa, Anda juga bisa menghidangkannya dengan menggunakan nasi bakar. Tentu, rasanya akan jauh lebih lezat dan juga nikmat.

Apalagi, nasi bakar akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang akan menimbulkan rasa yang khas. Pastinya rasa dari resep ayam ini semakin menggugah selera. Yuk simak bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

● ½ kilogram daging ayam (bagian dadanya)

● 7 buah cabai besar

● 5 buah cabai rawit

● 5 siung bawang merah

● 3 siung bawang putih

● 2 lembar daun jeruk

● 1 sendok teh kunyit bubuk

● 1 ikat kemangi (sesuai selera)

● Garam secukupnya

● Gula secukupnya

● Penyedap rasa secukupnya

● Nasi putih yang sudah matang

● Beberapa lembar daun pisang.



Cara membuat Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi:

  1. Pertama, cuci bersih daging ayam yang sudah disiapkan. Setelah itu, rebus sampai matang. Angkat lalu tiriskan. Suwir-suwir daging ayam tersebut agar menjadi bagian yang lebih kecil.
  2. Siangi daun kemangi kemudian bersihkan dengan menggunakan air mengalir.
  3. Haluskan beberapa bumbu yang sudah disiapkan seperti bawang merah, bawang putih dan cabai. Setelah itu, tumis bersama dengan beberapa bumbu lainnya seperti daun jeruk, kunyit yang sudah menjadi bubuk, dan jahe yang sudah digeprek.
  4. Apabila bumbu tumis sudah harum, segeram masukkan daging ayam yang sudah disuwir serta kemangi ke dalamnya. Aduk rata dan tambahkan garam, gula serta penyedap rasa sesuai selera.
  5. Koreksi rasa, apabila sudah pas matikan kompor dan angkat ayam suwir kemanginya.
  6. Langkah berikutnya ialah membuat nasi bakar. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan, lalu taruh nasi secukupnya. tambahkan ayam suwir kemangi di atas nasi. Setelah itu, bungkus daun pisang, sematkan lidi pada kedua ujung daun pisan agar isinya tidak keluar.
  7. Panaskan teflon kemudian bakar nasi yang sudah dibungkus di atasnya. Apabila Anda ingin nasi bakar dengan cita rasa yang khas, Anda bisa membakarnya di atas bara api.
  8. Jangan lupa untuk dibolak-balikkan agar nasi tidak gosong dan dapat matang secara merata.
  9. Hidangkan menu nasi bakar ayam suwir kemangi selagi hangat.


Itulah berbagai macam resep ayam suwir kemangi yang bisa Anda tiru. Sangat mudah bukan? Terlebih, bumbu-bumbu yang harus Anda siapkan mudah untuk ditemukan. Selain itu, untuk memasak menu yang satu ini juga tidak membutuhkan waktu lama.

Bagi Anda yang ingin berkreasi dengan menu makanan ayam suwir kemangi, di atas sudah ada beberapa resep kreasi seperti ayam suwir kemangi asam pedas dan nasi bakar ayam suwir kemangi. Nah, semoga pembahasan tentang resep ayam suwir kemangi ini bermanfaat untuk Anda.

Untuk membuat kegiatan memasak terasa lebih menyenangkan dan seru, tidak ada salahnya untuk mengajak anak, adik atau keponakan, sekaligus untuk mengenalkan kegiatan positif untuk mereka. Selamat mencoba!

Posting Komentar

Copyright ©