Iklan Billboard (Ads)

Museum Airlangga Kediri

Author
Published April 06, 2024
Museum Airlangga Kediri

Museum Airlangga Kediri



Wisata Goa Selomangkleng yang berada di Kota Kediri, hingga saat ini tetap menjadi daya tarik para wisatawan. Terbukti, pada saat musim liburan, tempat ini masih banyak dikunjungi wisatawan. Karena Selain Goa, juga ada Museum Airlangga Kediri, untuk lebih mengenal sejarah Kediri.


Dari begitu banyaknya pengunjung yang datang ke Goa Selomangkleng ini, didominasi oleh wisatawan yang datang bersama keluarga. Semua ini tidak luput dari usaha pengelola untuk meningkatkan pengunjung. Seperti adanya wahana tambahan, pagelaran seni budaya dan panggung terbuka.


Pada wisata Goa selomangkleng termasuk tempat wisata yang lengkap. Karena banyak wisata lain disini, seperti waha air, goa selomangkleng dan Museum Airlangga Kediri. Bagi masyarakat, mendengar museum pasti sudah tidak asing lagi.


Museum digunakan sebagai tempat untuk menyelamatkan, dan melestarikan warisan budaya. Selain itu, museum juga dapat digunakan untuk menyelamatka dokumen budaya, tempat penelitian, dan komunikasi kebudayaan dari masa lampau ke masa depan.


Sejarah Museum Airlangga Kediri

Museum yang terdapat di wahasa wisata goa selomangkleng adalaah Museum Airlangga Kediri. Museum Airlangga Kediri didirikan pada tanggal 30 November 1991. lalu diresmikan oleh gubernur Jawa Timur pada tanggal 6 Februari 1992. Bertempat tepat di Jl. Mastrip No. 01. Kediri.



Awal mula berdirinya Museum ini, pada tahun 1982 banyak ditemukan situs purbakala di Kota Kediri. Lalu pada saat itu, didirikam Museum Tirtoyoso. Namun karena sarana dan prasarananya kurang memadai, sehingga pada tahun 1991 dibagun Museum Airlangga Kediri di kawasan wisata goa selomangkleng. Hingga sekarang, pengelolaan Museum Airlangga Kediri berada dalam pengelolaan Pemerintah Kota Kediri.


Harga Tiket & Jam Operasional

Tiket masuk kedalam Museum Airlangga Kediri cukup murah, dan terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 4000 saja anda sudah bisa melihat situs-situs peninggalan sejarah disini. Jam bukanya dimulai hari senin-kamis jam 08.00-16.00 WIB dan hari sabtu-minggu 07.00-16.00 WIB, untuk hari jum’at libur.



Fasilitas

Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan disini. Seperti ruangan pameran, tempat penitipan barang, komputer, petunjuk arah, pos satpam, toilet, dan juga tempat parkir yang luas.


Museum Airlangga


Di Museum ini juga memiliki kantor skretariat budaya Kota Kediri. Jadi museum ini tidak hanya tempat penyimpanan peninggalan sejarah, akan tetapi juga bisa sebagai tempat bertanya tentang sejarah masa lalu.



Yang membuat tempat ini patut untuk dikunjungi, karena dekat dari sini ada wisata Wahana Kolam Renang Selomangkleng. Masih dalam satu komplek, sehingga tempat ini recommended banget bagi anda yang ingin berwisata bersama keluarga. Selain berwisata, anda juga bisa mengenalkan sejarah untuk buah hati anda.


Wisata lain yang tak kalah menariknya adalah wisata edukasi Kampoeng Air Wakibota, wisata ini terletak di desa wajak kidul kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Kampung air menawarkan berbagai wahana seperti kolam renang, kolam pemancingan dan recanananya akan dikembangkan dengan sepeda air dan permainan edukasi tentang air lainnya.


Posting Komentar

Copyright ©